Rabu, 08 Agustus 2012

MANAJEMEN AGRIBISNIS


KOMPONEN FUNGSI MANAJEMEN AGRIBISNIS
Manajemen agribisnis memiliki beberapa fungsi-fungsi diantaranya:
1.        Fungsi perencanaan
Fungsi peencanaan merupakan semua kegiatan yang ditujukan untuk menyusun program kerja selama periode tertentu pada masa yang akan datang berdasarkan visi, misi, tujuan serta sasaran organisasi.
unsur-unsur perencanaan meliputi :
a.                             Tujuan : menerangkan tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan yang dilakukan. Tujuan ini bersifat non material maupun non moral.
b.                            Politik : merupakan peraturan-peraturan yang digariskan bagi tindakan-tindakan organisasi yang dihubungkan dengan tujuan yang dicapai.
c.                             Prosedur : urutan-urutan pelaksanaan yang dilalui dan diikuti oleh kariyawan atau orang yang mengikuti kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu.
d.                            Budget : ihktisar dari masukan yang diharapkan akan diperoleh dikaitkan dengan output yang dikeluarkan dalam bentuk angka.
e.                             Program: serangkaian tindakan yang akan dilakukan diwaktu  yang akan datang, terdiri dari penggabungan politik, prosedur dan budget.
2.        Fungsi pengorganisasian
Fungsi pengorganisasian adalah  upaya dalam mengorganisasikan semua sumberdaya perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
Unsur organisasi ada 2 yaitu :
  1. Hasil akhir yang ingin dicapai.
  2. kegiatan yang dilakukan saat ini untuk mencapi tujuan tersebut.
Fungsi pengorganisasian sangat terkait juga dengan alokasi optimal sumberdaya perusahaan sehingga diperoleh keterpaduan tugas-tugas dan peranan masing-masing sumberdaya yang optimal dalam aktivitas organisasi.
Efektivitas sebuah organisasi sangat tergantung pada kemampuan manajemennya untuk menggerakkan semua sumberdaya perusahaan guna mencapai tujuannya. Sumberdaya manusia sebagai penggerak utama sumberdaya perusahaan lainnya harus memiliki kemampuan prima dan kerja yang profesional serta ditempatkan pada posisi yang tepat. Semboyan yang paling terkenal untuk penempatan manusia pada posisi yang tepat guna mencapai efektivitas organisasi adalah the right man on the right place.
3. Fungsi pelaksanaan
Fungsi pelaksanaan merupaka suatu penekanan pada proses pelaksanaan kegiatan organisasi sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Terbagi menjadi tiga fungsi yaitu kepemimpinan, pengarahan, dan koordinasi. Fungsi kepemimpinan lebih menekankan bagaimana seorang pemimpin menyalurkan semua kemampuan individu pada aktivitas organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Fungsi pengarahan lebih menekankan pada bagaimana karyawan diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi. Dan fungsi koordinasi lebih menekankan pada hubungan koordinasi antar individu, antar kelompok, atas berbagai aktivitas organisasi sehingga diperoleh harmonisasi dalam setiap pelaksanaan kegiatan.
4. Fungsi pengawasan
Fungsi pengawasan adalah menekankan pada bagaimana membangun sistem pengawasan dan melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan rencana yang telah dibuat agar tetap berjalan.
Fungsi pengawasan dilakukan secara terus-menerus untuk menjamin agar pelaksanaan rencana dapat berjalan dengan baik. Pengawasan berbeda dengan supervisi. Pengawasan lebih menekankan pada bagaimana suatu sistem pengawasan dapat berjalan sebagaimana mestinya, sedangkan supervise menekankan pada bagaimana individu-individu bekerja sesuai prosedur kerja yang ada. Pengawasan dapat dilakukan oleh individu-individu, sistem, dan atau lingkungan. Di lain pihak, sepervisi hanya dapat dilakukan oleh supervisor yang berwenang.
5. Fungsi evaluasi
Fungsi evaluasi merupakan hal yang menekankan pada upaya untuk menilai proses pelaksanaan rencana, mengenai ada tidaknya penyimpangan, dan tercapai tidaknya sasaran yang telah ditetapkan berdasarkan rencana yang telah dibuat.
Fungsi evaluasi ditujukan pada suatu obyek tertentu dan dalam periode tertentu. Misalnya, mengevaluasi pelaksanaan proyek agribisnis yang dilaksanakan selama dua tahun. Pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dalam fungsi evaluasi antara lain adalah apa hambatan hambatan dalam pelaksanaanya dan bagaimana hasilnya.

1 komentar: